Harga dan Spesifikasi Server Diskless untuk Warnet 2018

SPESIFIKASI DAN HARGA SERVER DISKLESS UNTUK WARNET - Suatu kehormatan bagi saya untuk membuat artikel ini yang pasti berguna untuk owner-owner warnet sekalian dengan biaya yang lumayan minim, Kali ini saya akan sedikit sharing tentang apa itu server diskless untuk warnet. Server diskless adalah pc/komputer yang mengharuskan menggunakan SSD untuk performa yang hebat, jadi pengertian diskless adalah pc/komputer client tidak sama sekali menggunakan harddisk karena pc client kini tidak lagi memerlukan harddisk, kekuatan SSD juga sama dengan 10 kali lipat dari harddisk.
Karena komputer client tidak menggunakan harddisk maka otomatis server harus menggunakan spek yang seharusnya bisa di buat dengan kerja berat, lama tanpa dimatikan.



Diskless ini sebenarnya dalam processor tidak terlalu penting yang terpenting adalah kecepatan dari motherboard, SSD dan Ram yang besar (mulai dari 16GB, 32GB dan 64GB, dll), server difokuskan ke dalam 3 komponen itu dan sebaiknya komputer server tidak menggunakan harddisk tetapi recomend dari saya harus memakai SSD untuk OS, Games dan Writeback nya, karena SSD sangat maksimal cara kerjanya dan untuk memainkan game lancar tidak lag lagi, walaupun harga SSD sangat mahal tetapi cara kerjanya juga sangat besar manfaatnya, untuk SSD saya sarankan memakai merk Sandisk Extreme II karena performa yang sangat bagus demi kelancaran pc client agar terhindar dan tidak terjadi lag patah patah dan lag total atau macet.

KELEBIHAN:
- pc client tidak lagi membutuhkan lagi harddisk, jika saya lebih teliti lagi pc client yang menggunakan harddisk mudah rusak karena pemakaian user-user nakal karena menyimpan, mendownload file sampai banyak virus
- lumayan irit listrik karena harddisk telah di cabut dan akan sedikit menghemat listrik
- tidak ribet dan tidak usah lagi update game dari pc client hanya update 1 kali saja di server karena harddisk pc client hanya berada di dalam server
- update game hanya dari server saja

KEKURANGAN :
- Jika server mati maka pc client tidak dapat hidup
- maintance yang lumayan rumit

Apakah anda berpikir bahwa warnet mode Diskless ini sangat menguntungkan? coba saja bayangkan harga harddisk berapa? misalkan anda mempunyai 20 pc client 500GB 1 harddisk nya seharga 300 ribu makan 300x20= 6 juta sedangkan harga 1 SSD 1 juta rupiah, maka kita memerlukan nya minimal 3 SSD untuk OS, Game dan writeback tetapi alangkah baiknya menambah satu SSD lagi untuk menampung banyak game. saya sarankan untuk mode diskless ini semua memakai harddisk jangan sampai ada harddisk untuk Os, Game atau writeback karena kinerja dari SSD ini 10 kali lipat dari harddisk jadi tidak ada istilah lag. dan saya rasa mode diskless ini juga sangat menguntungkan.

Jadi misalkan ini skemanya :
warnet memakai harddisk : menurut saya banyak kekurangan dari mode ini misalkan dari sisi update, jika kita tiap hari update game maka semua pc harus hidup dan memerlukan listrik, user yang main game pasti bosan dengan update nya yang lama kalaupun jika user mempunyai member dia harus merelakan waktu yang terbuang dari voucher membernya, bayangkan saja jika 1 pc updatenya sampe 1GB misalkan game DOTA2, bagaimana user bisa nyaman bila harus menunggu?
Warnet memakai mode Diskless : menurut saya banyak keuntungan yang di peruntukan untuk mode ini karena kita mengurangi biaya listrik yang dipakai oleh harddisk user, lumayan bukan? jika misalkan update hanya satu saja server update lalu semua pc client mengikuti server.


Untuk 1 sampai 20 pc game low and medium



Processor : core i3 4160
Rp. 1.500.000
Ram : 8Gbx2 = 16gb Rp. 1.500.000 x 2
Rp. 900.000
Motherboard
Rp. 3.000.000
SSD 3 buah : Kingston SSD 240GB SATA3
Rp. 3.000.000
PSU : Hexa 500 watt ke atas, di utamakan PSU pure
Rp. 600.000
Casing PC CPU CUBE GAMING GRINIGA Black - ATX 
Rp. 350.000

JUMLAH = Rp. 9.350.000



Saya sarankan komputer server ini membeli BARU jika ingin awet dan terjamin kinerjanya karena kinerja server ini nonstop tidak boleh mati jika ada user yang bermain. tetapi itu pun bagaimana budget anda juga, biasanya server warnet second sangat murah harganya tetapi jika kita menelitinya lebih dalam biasanya barang second rentan dengan yang namanya perawatan dan servis. Demi kenyamanan atau keamanan atau cari aman untuk server harus memakai SSD agar sangat maksimal dari cara kerja server, jika ada harddisk pun hanya boleh digunakan file file film untuk user yang suka nonton film.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel